Monday 4 February 2019

Contoh biaya tak terduga dlm APBN


Biaya tak terduga


RIO R. SIMBAR 17603147
ADM. NEGARA 3A
Contoh  Biaya Tak Terduga (Cotingency Amount)

BONUS ATLET ASIAN GAMES 2018
            Perolehan medali Indonesia pada Asian Games 2018 telah mencapai 89 medali, terdiri dari 30 emas, 22 perak dan 37 perunggu. Pemerintah sebelumnya menjanjikan bonus sebesar Rp 1,5 miliar untuk para peraih medali emas dan bagi pemain ganda, masing-masing disebut akan mendapat Rp 1,5 miliar.


Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, perolehan medali ini merupakan kabar gembira yang harus diapresiasi. Untuk itu, dia memastikan pemerintah telah menyiapkan anggaran bagi atlet-atlet berprestasi.
"Tentu kami bahagia karena melebihi ekspektasi dan Wapres sampaikan maksimal 16, ini jauh sudah sampaikan. Presiden akan memberikan penghargaan dan nanti akan disiapkan, anggarannya sudah siap," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (31/8).
Sri Mulyani mengatakan, pencapaian 30 medali emas merupakan pencapaian yang luar biasa. Dia berharap atlet Asian Games dapat mempertahankan prestasi ini dimasa yang akan datang.
"Ya itu sukses, saya rasa itu adalah pencapaian yang luar biasa dari atlet kita. Semangat mereka untuk mengharumkan Indonesia di bidang sport, itu bagus," jelasnya.
"Kami harap momentumnya akan tetap terjaga, nanti dari Presiden akan beri penghargaan, baik yang sifatnya non material dan material. itu diharapkan bisa memicu bagi semua cabang olahraga agar bisa meningkatkan prestasinya dan bertahan untuk games yang akan datang," tandasnya.
Bonus yang dijanjikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi bagi atlet yang telah berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Asian Games 2018, kini telah didapatkan. Mereka bahkan tak perlu menunggu waktu lama agar bonus itu cair.
Bertempat di Istana Negara, sebanyak 199 atlet menerima bonus dari Jokowi. Mereka berhasil menyumbangkan 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu dari berbagai cabang olahraga dalam Asian Games yang digelar di Jakarta dan Palembang.
"Karena itu saya sampaikan kemarin ke Menpora, bonus atlet peraih medali saya ingin berikan secepatnya sebelum acara penutupan dilakukan bahkan sebelum keringat mereka mengering," kata Jokowi dalam sambutannya di Istana Negara, Jakarta, Minggu (2/9/2018).
            Komentar :
            Dana bonus atlet Asian Games memang sudah dianggarkan terlebih dahulu tapi secara tak terduga Kontingen Indonesia mampu melebihi ekspetasi yang ditargetkan pemerintah (fyi.underline dipembahasan diatas). Pemerintah yang hanya menganggarkan sesuai target kini harus segera mengalokasikan kembali dana sesuai jumlah emas yang diraih. Ini merupakan hal yang tak terduga oleh pemerintah mengingat targetnya hanya 16 emas. Pemerintah pada awalnya bersifat realistis tentang kontestasi gelaran Asian Games 2018 yang para negara peserta notabennya adalah negara yang kuat dan konsisten dalam seluruh cabor maka targetnya realistis 16 emas, berkaca dari Asian Games sebelumnya (Incheon Korea Selatan 2014) hanya mampu meraih 4 emas. Berbanding jauh dengan perolehan medali di Asian Games 2018 Jakarta Palembang. Untuk itu Pemerintah heran sekaligus kagum dengan prestasi gemilang Kontingen Indonesia di gelaran event 5 tahunan ini
            Komentar Positif
            Bonus yang diberikan akan memberi semangat kepada para atlet dalam gelaran event selanjutya  juga dapat memberikan harapan bagi para atlet selanjutnya untuk kembali berlatih dengan dan keras agar mampu berprestasi layaknya para atlet yang sukses ini demi mengharumkan nama Indonesia di kanca Asia ataupun Internasional. Para atlet pun merasa dianggap dan dihargai karna diberikan kesejahtraan dan jaminan dari Pemerintah asalkan Berprestasi
            Komentar Negatif
            Gelaran Asian Games 2018 di Jakarta Palembang hampir bertepatan dengan Bencana Alam yang tak diduga juga di Lombok NTB. Pemerintah seharusnya menganggarkan lebih untuk rekonstruksi dan rehabilitas daripada memberi bonus kepada para atlet. Masalah kemanusiaan apa lagi bencana alam merupakan masalah bersama seantero Indonesia maka mungkin lebih baik menganggarkan lebih untuk Pemulihan Lombok daripada memberi bonus kepada atlet yang mungkin bisa meraih lebih dikemudian hari.

Sumber & Refrensi
https://www.liputan6.com/news/read/3634600/5-fakta-mengejutkan-di-balik-bonus-atlet-asian-games-2018

No comments: