Monday 4 February 2019

Keadaan Politik di Indonesia



“KEADAAN SISTEM POLITIK DI INDONESIA”

Politik Indonesia dewasa ini seperti sedang mendominasi wacana di media. Layaknya gula yang sedang di kelilingi semut, seperti itulah media yang memberitakan kondisi politik di Indonesia.
Saat ini kondisi politik yang terjadi justru saling memperebutkan kekuasaan. Para penjabat yang memiliki kekuasaan telah melupakan masyarakat. Janji – janji yang dulu di buat justru di lupakan seiring dengan kursi kekuasaan yang di peroleh. Seolah tidak menerima dengan kemenangan sang rival, maka berusaha mencari kesalahan untuk dapat menggulingkan.


Keberhasilan suatu bangsa dalam membangun kehidupannya sangat ditentukan oleh bangsa itu sendiri, demikian pula dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia seharusnya mampu memandang dan menyikapinya secara sungguh-sungguh segala permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini. Sejalan dengan tuntutan reformasi di Indonesia telah terjadi perubahan dalam berbagai aspek kehidupan nasional.
Seperti yang kita ketahui, di Indonesia sedang marak terjadi kasus politik yang berbau perebutan kekuasaan. Di perpolitikan Indonesia, biasanya dalam perebutan kekuasaan lawan yang kalah dan tidak terima akan kekalahan mereka akan mencari cara untuk menjatuhkan lawan mereka.
Kondisi politik di Indonesia sungguh sangat menyedihkan, banyak pejabat yang masih fokus untuk mengurus kekuasaan dan juga jabatan mereka. Bahkan berefek pada kondisi rakyat yang terlupakan oleh mereka. Hal ini menyebabkan banyak rakyat yang menuntut dan sangat tidak puas dengan hal tersebut.
Pemerintah Indonesia pun tidak mampu menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat. Hal ini ditunjukkan oleh sebagian rakyat yang mengeluh, karena hidup mereka belum dapat disejahterakan oleh negara. Pandangan masyarakat terhadap politik itu sendiri menjadi buruk, dikarenakan pemerintah Indonesia yang tidak menjalankan kewajibannya sebagai wakil rakyat dengan baik. Bagi mereka politik hanyalah sesuatu yang buruk dalam mencapai kekuasaan.
Sampai saat ini, rakyat Indonesia belum merasakan hasil kinerja yang baik dari pemerintah Indonesia. Sebagian besar dari masyarakat masih menjadi korban ketidakadilan pemerintahan dan efek dari perpolitikan di negara ini. Rakyat masih memandang buruk terhadap politik itu sendiri. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda Indonesia haruslah bisa mengenal dan memahami arti politik yang sebenarnya, agar dikemudian hari kita dapat menjadi generasi baru yang lebih bertanggung jawab.

Kondisi politik yang ada di Indonesia sekarang ini diumpamakan sama seperti pisau. Jika pisau dipakai untuk memotong bahan-bahan ketika memasak sebuah makanan, tetapi jika pisau tersebut digunakan untuk melakukan aksi pembunuhan, yang akan terjadi adalah adanya kesengsaraan dan juga kesedihan.
Perumpamaan sebuah pisau tadi sama dengan kondisi politik, politik bisa untuk menggapai kebahagiaan atau hanya akan terjadi kesengsaraan. Tetapi saat ini politik tidak dalam bidang kekuasaan semata, tetapi ekonomi sekarang ini juga telah dijadikan sebagai kondisi politik.
Sebetulnya politik itu mengenai bagaimana orang-orang dalam bidang politik tersebut mampu untuk membuat sebuah pengaruh agar orang lain mampu untuk ikut dalam ide yang dituangkan dalam sebuah pikiran.


DISUSUN OLEH : RIO R. SIMBAR
                                17603147
                            2A

No comments: